Berita

Seminar Menggagas Dana Cadangan Pemilukada

Pilkada memerlukan dana yang sangat besar sehingga pemerintah daerah perlu membentuk Dana Cadangan, berangkat dari hal itulah pada 6 Pebruari 2020 lalu di The Wujil Resort and Conventions Ungaran digelar Seminar DPRD Prov. Jateng dg tema “Menggagas Raperda Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Prov. Jateng Th. 2024.” Seminar dibuka Wakil Ketua DPRD Prov. Jateng, Sukirman, SS dan dihadiri oleh
– Ketua Komisi A Mohammad Saleh, ST beserta segenap Anggota
– Wakil Ketua KPU Prov. Jateng, Ikhwanudin, S.Ag & Jajaran KPU Kab./Kota
– Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Muhammad Zulfan Arief, S.Sos. M.Si
– Kesbangpol Prov. Jawa Tengah & Ka. Kesbangpol Kab./Kota
– Nara sumber Dr. Yuwanto, Phd (UNDIP)

Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri menyampaikan bahwa telah diamanatkan dalam PP 12 th. 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Dana cadangan merupakan dana yang dipisahkan untuk menampung kebutuhan yang memerlukan dana relatif besar dan tidak dapat dipenuhi dalam satu tahun anggaran.
Sementara Ketua Komisi A berujar bahwa Menggagas Raperda Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Propinsi Jawa Tengah ini inisiatif dari Komisi A dengan harapan Pemilihan Umum dapat berjalan dengan baik.

Akademisi UNDIP, Dr. Yuwanto, Phd menyatakan secara pribadi tidak setuju apabila Pemilu dikembalikan lagi seperti dahulu jaman orba tapi harapannya tetap dilakukan secara demokratis dipilih oleh rakyat, dan setuju bahwa untuk pembiayaan pemilu dikembalikan ke pusat atau melalui APBN karena Demokratisasi harus dibarengi dengan desentralisasi dan salah satu kunci untuk kualitas Pilkada yaitu Pembiayaan.

Kesimpulan : Setiap Kab/Kota agar siap menganggarkan dana untuk PEMILU/kada Serentak 2024 dg mekanisme mencadangkan dana pada setiap tahun anggarannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close